Koreksi Geometrik Menggunakan Quantum GIS

Koreksi geometri (rektifikasi) merupakan prosedur standar yang dilakukan sebelum data raster mengalami vektorisasi. Bagi yang masih awam di dunia pemetaan, proses rektifikasi ini dapat diumpamakan sebagai proses pemberian koordinat data raster seperti peta, citra atau foto udara yang kita miliki agar memiliki kesamaan titik referensi dengan data spasial lainnya. Sehingga data raster yang kita miliki dapat ditumpangsusunkan (overlay) terhadap data spasial lain. Dengan demikian, ketika seorang interpreter atau kartografer menurunkan informasi dari data raster, data turunan tersebut secara otomatis sudah ditransformasikan ke dalam koordinat hasil georeferencing tadi. Berikut sedikit uraian mengenai langkah kerja georeferencing. Studi kasus menggunakan perangkat lunak open source Quantum GIS dengan sistem proyeksi geografi datum WGS1984.
  • Pertama-tama dari menu utama QGIS pilih Raster - Georeferencer - georeferencer.
  • Setelah masuk jendela Georeferencer, pilih File – Open Raster. Buka data raster yang akan direktifikasi. Lalu OK.
  • Tentukan Datum dan sistem proyeksi koordinat yang akan digunakan.
  • Menu utama Edit – Add Point. Masukkan koordinat X dan Y ke dalam kolom yang tersedia. OK.
  • Buat langkah seperti di atas sebanyak empat buah titik georeferensi atau lebih. 
  • Setelah terbentuk empat buah GCP (Ground Control Point), kembali ke menu utama – Settings – Transformation Settings - OK.
  • Lakukan pengaturan sesuai kebutuhan. Lalu OK. Kembali ke menu utama File – Start Georeferencing - selesai. 

Obyek georeferencing sengaja digunakan peta RBI agar memudahkan bagi mereka yang masih baru dalam dunia GIS. Prinsip kerjanya sama ketika data raster yang dikoreksi berupa data citra satelit maupun foto udara. Bedanya Ground Control Point (GCP) yang dimasukkan harus dicek nilai koordinat lapangan terlebih dahulu menggunakan GPS. Begitu pula apabila sistem proyeksi yang akan digunakan adalah UTM, makan dapat disesuaikan ketika tahap awal tadi sebelum menentukan GCP. Demikian postingan mengenai Koreksi Geometrik menggunakan QGIS. Semoga dapat bermanfaat!!..
Next
This is the current newest page
Previous
Next Post »
Thanks for your comment