Membuat WebGIS Mudah Menggunakan Cartodb

Sebagian besar mahasiswa ataupun pekerja yang menggeluti bidang pemetaan pasti pernah merasakan kondisi saat dikejar deadline. Entah apakah itu bahan presentasi, tugas, maupun sekedar materi diskusi, yang namanya pemetaan memang tidak mudah. Karena selain dituntut menyiapkan materi yang terkandung dalam peta seperti tema, data, dan analisisnya akan selalu diikuti dengan visualisasinya, seperti print out, desain layout, dan sharing data via information system seperti web. Namun, bagaimana jika anda hanya diberi waktu yang sangat terbatas untuk menyiapkan segala persiapan tersebut? Sedangkan klien atau atasan terkadang tidak paham karena beberapa dari mereka tidak berasal dari habitat dunia pemetaan. Mungkin sebagai solusinya dapat memanfaatkan layanan dari www.cartodb.com untuk membantu kita yang memiliki profesi di bidang pemetaan dan sedang mengalami kesulitan pada tahap visualisasi (WebGIS) tersebut. Berikut sedikit sharing mengenai tata caranya ;

  • Tahap pertama selalu diawali dengan registrasi terlebih dahulu. Silahkan pilih Try it Free, lalu dilanjutkan dengan pengisian formulir registrasi.
  • Sesudahnya, anda akan dibawa otomatis menuju halaman Dashboard. Silahkan pilih New Table untuk uploading data vektor peta.
  • Beberapa format yang disupport antara lain ; shp yang telah diekstrak menjadi *.zip, *.kml, *.gpx, *.xls dan *.csv. Lalu silahkan Select file.

  • Data vektor yang telah tampil (pada versi menu mapview bagian atas) dapat disesuaikan lagi seperti mengganti fill colour, basemap, label, infowindow, sql, grafik diagram, dsb.
  • Setelah sesuai, pilih menu Visualize bagian kanan atas untuk melihat preview hasil akhir. Isi nama project tadi lalu klik Create Visualization.


  • Terakhir silahkan Share. Klik menu pojok kanan atas dan pilih metode sharing yang diminati. Studi kasus ini saya menggunakan metode Embed Code. Saya Copy codenya lalu paste pada blog ini.
  • Hasil akhirnya dapat dilihat peta di bawah. Selamat mencoba!!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment