Membuat WebGIS sederhana dengan ArcGIS Online


Esri sebagai lembaga/perusahaan yang bergerak dalam bidang pemetaan, tidak hanya terkenal dengan aplikasi desktopnya saja. Berbagai software berbasis web keluaran esri kini tampak mulai mendapat tempat dihati para developer maupun user. Salah satu fasilitas yang dihasilkan ialah ArcGIS Online, yakni fasilitas esri untuk mengakomodasi para pengembang web maupun user yang ingin membuat webgis sederhana dan tidak membutuhkan resources terlalu besar. ArcGIS Online menawarkan beberapa kelebihan, seperti kemudahan, desain tampilan, keragaman menu, dan compability data format

Untuk membuatnya user hanya perlu  menyiapkan data yang akan diunggah dan registrasi di www.arcgis.com/home/signin.html. Formatnya dapat berupa *.txt, *.csv, *.gpx, dan *.shp yang di *.zip. Hasilnya pun dapat dishare dalam format embed maupun berupa aplikasi yang dapat dideploy ke dalam server. Tools di dalam peta juga tidak kalah komplit, dengan menu standar tombol kontrol, tombol home, skala garis, legenda, dan yang unik terdapat opsi pemilihan basemap. Jadi user difasilitasi untuk mengganti tampilan peta dasar, sehingga dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Berikut saya tambahkan sedikit deskripsi penggunaan ArcGIS Online ;

  • Layer dapat ditambahkan dari berbagai sumber. Pilih Add Layer From File jika anda telah memiliki data vektor yang siap diupload.
  • Dapat mengakomodasi dari berbagai tipe data seperti *.gpx, *.csv, *.txt, dan *.shp. Khusus data shapefile harus diekstrak ke format *.zip.
  • Sharing peta hanya dapat dilakukan jika project peta telah tersimpan. Pilih Save pada menu utama. Jangan lupa untuk memberi judul project untuk memudahkan data retrieval (pemanggilan data).

  • Share menggunakan menu utama. Tetapkan metode sharingnya.
  • Metode embed, memberi opsi pemilihan tools yang akan ditampilkan, yakni Embed dan Web Application. Saya coba untuk memakai metode ini dengan Copy dan paste code iframe pada laman web.
  • Metode aplikasi, memberi opsi untuk pemilihan template yang akan dideploy. 
  • Selesai, Klik Done. Silahkan lihat hasil akhir (embed map) di bawah ini

View larger map
Previous
Next Post »
Thanks for your comment